Selasa, 03 Juli 2012

The Landing Craft Air Cushion (LCAC), Hovercraft


http://www.militaryfactory.com/ships/imgs/lcac.jpgThe Landing Craft Air Cushion (LCAC) merupakan kapal kelas hovercraft  yang digunakan sebagai kapal pendarat oleh angkatan laut Amerika dan Japan Maritime Self-Defense Force (JMSDF). LCAC  digunakan sebagai pengangkut senjata, peralatan, kargo dan personil dari unsur-unsur dari serangan Angkatan Udara /melindungi  Marinir baik dari kapal ke pantai dan sebaliknya.

Konsep desain LCAC dimulai pada awal tahun 1970 dengan skala penuh Amphibious Assault Landing Craft (AALC). Selama tahap pengembangan lanjut, dua prototip dibangun. JEFF A dirancang dan dibangun oleh Aerojet general di California, dengan empat propeler. JEFF B dirancang dan dibangun oleh Bell Aerospace di New Orleans, Louisiana. JEFF B memiliki dua baling-baling belakang, mirip dengan yang diusulkan SK-10 yang berasal dari sebelumnya SK-5 Bell / SR.N5 hovercraft diuji di Vietnam. JEFF B dipilih karena  kelayakan teknis dan kemampuan operasional yang pada akhirnya menyebabkan produksi LCAC. JEFF B terpilih sebagai desain dasar untuk LCAC saat ini.

LCAC pertama kali digunakan pada tahun 1987 di atas kapal USS Germantown (LSD-42) . LCAC diangkut dalam dan beroperasi di semua pasukan amfibi Angkatan Laut AS juga dek kapal termasuk LHA, LHD , LSD dan LPD . kapal yang mampu membawa hovercraft ini meliputi  kapal kelas "Wasp", "Tarawa", "Anchorage", "Austin", "Whidbey Island", "Harper's Ferry", dan "San Antonio".Angkatan laut Amerika memesan 91 unit tetapi baru selesai  74 unit yang akan selesai pada 2015. Sejumlah LCACs sedang dalam pengembangan dan pengujian di Naval Support Activity Panama City di Panama City, Florida .

http://olive-drab.com/gallery/photos/lcac_31aug2005_400.jpg
LCAC beroperasi dengan awak lima. Selain pendaratan pantai, LCAC digunakan sebagai  transportasi personil, dukungan evakuasi, melintasi garis pantai, dan pengiriman peralatan khusus. LCAC mampu memuat 180 pasukan lengkap dengan persenjataannya. Luas kargo  1.809 kaki persegi (168,1 m2). Tingkat Kebisingan dan debu hovercraft ini sangat tinggi. Jika dinonaktifkan hovercraft sulit untuk  diderek. Dalam beberapa tahun terakhir spray suppression telah ditambahkan ke kaca hovercraft untuk mengurangi gangguan penglihatan pengemudi.
Menurut USMC hovercraft bisa melintasi 70% dari garis pantai di dunia dibandingkan dengan sekitar 15% untuk kapal pendarat konvensional, meskipun hovercraft  mengalami kesulitan di laut lepas.


    Builder            : Textron Marine and Land Systems/Avondale Gulfport Marine
    Date Deployed: 1982

    Propulsion      :
        Legacy       : 4 Lycoming/AlliedSignal TF-40B gas turbines (2 for propulsion / 2 for lift); 16,000 hp sustained; 2-shrouded reversible pitch airscrews; 4-double-entry fans, centrifugal or mixed flow (lift)
        SLEP: 4 Vericor Power Systems ETF-40B gas turbines with Full Authority Digital Engine Control

    Length            : 87 feet 11 inches (26.4 meters)
    Beam             : 47 feet (14.3 meters)

    Displacement  : 87.2 tons (88.6 metric tons) light; 170–182 tons (173–185 metric tons) full load
    Speed             : 40+ knots (46+ mph; 74 km/h) with full load, 70+ knots maximum speed
    Range             : 200 miles at 40 kt (370 km at 75 km/h) with payload
    300 miles at 35 kt (550 km at 65 km/h) with payload

    Crew              : Five
    Load               : 60 tons/75 ton overload (54/68 metric tons)
    Military lift       : 24 troops or 1 MBT
    Armament       : two 12.7 mm machine guns. Gun mounts can support the M2HB .50 cal machine gun, Mk 19 Mod 3 40 mm grenade launcher, or the M60 machine gun. Tests conducted with GAU-13 30mm gatling gun.
    Radar              : Marconi LN-66; I-band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar