Selasa, 03 Juli 2012
The Landing Craft Air Cushion (LCAC), Hovercraft
Tag
ANGKATAN LAUT
The Landing Craft Air Cushion (LCAC) merupakan kapal
kelas hovercraft yang digunakan sebagai
kapal pendarat oleh angkatan laut Amerika dan Japan Maritime Self-Defense Force
(JMSDF). LCAC digunakan sebagai pengangkut
senjata, peralatan, kargo dan personil dari unsur-unsur dari serangan Angkatan
Udara /melindungi Marinir baik dari
kapal ke pantai dan sebaliknya.
Konsep desain LCAC dimulai pada awal tahun 1970
dengan skala penuh Amphibious Assault Landing Craft (AALC). Selama tahap
pengembangan lanjut, dua prototip dibangun. JEFF A dirancang dan dibangun oleh
Aerojet general di California, dengan empat propeler. JEFF B dirancang dan
dibangun oleh Bell Aerospace di New Orleans, Louisiana. JEFF B memiliki dua
baling-baling belakang, mirip dengan yang diusulkan SK-10 yang berasal dari
sebelumnya SK-5 Bell / SR.N5 hovercraft diuji di Vietnam. JEFF B dipilih karena
kelayakan teknis dan kemampuan
operasional yang pada akhirnya menyebabkan produksi LCAC. JEFF B terpilih
sebagai desain dasar untuk LCAC saat ini.
LCAC pertama kali digunakan pada tahun 1987 di atas
kapal USS Germantown (LSD-42) . LCAC diangkut dalam dan beroperasi di semua pasukan
amfibi Angkatan Laut AS juga dek kapal termasuk LHA, LHD , LSD dan LPD . kapal
yang mampu membawa hovercraft ini meliputi kapal kelas "Wasp",
"Tarawa", "Anchorage", "Austin", "Whidbey
Island", "Harper's Ferry", dan "San Antonio".Angkatan
laut Amerika memesan 91 unit tetapi baru selesai 74 unit yang akan selesai pada 2015. Sejumlah
LCACs sedang dalam pengembangan dan pengujian di Naval Support Activity Panama
City di Panama City, Florida .
LCAC beroperasi dengan awak lima. Selain pendaratan
pantai, LCAC digunakan sebagai transportasi personil, dukungan evakuasi,
melintasi garis pantai, dan pengiriman peralatan khusus. LCAC mampu memuat 180
pasukan lengkap dengan persenjataannya. Luas kargo 1.809 kaki persegi (168,1 m2).
Tingkat Kebisingan dan debu hovercraft ini sangat tinggi. Jika dinonaktifkan hovercraft
sulit untuk diderek. Dalam beberapa
tahun terakhir spray suppression telah ditambahkan ke kaca hovercraft untuk
mengurangi gangguan penglihatan pengemudi.
Menurut USMC hovercraft bisa melintasi 70% dari
garis pantai di dunia dibandingkan dengan sekitar 15% untuk kapal pendarat
konvensional, meskipun hovercraft mengalami kesulitan di laut lepas.
Builder :
Textron Marine and Land Systems/Avondale Gulfport Marine
Date
Deployed: 1982
Propulsion :
Legacy : 4 Lycoming/AlliedSignal TF-40B gas turbines (2 for propulsion /
2 for lift); 16,000 hp sustained; 2-shrouded reversible pitch airscrews;
4-double-entry fans, centrifugal or mixed flow (lift)
SLEP:
4 Vericor Power Systems ETF-40B gas turbines with Full Authority Digital Engine
Control
Length : 87
feet 11 inches (26.4 meters)
Beam : 47
feet (14.3 meters)
Displacement : 87.2 tons (88.6 metric tons) light; 170–182 tons (173–185
metric tons) full load
Speed : 40+
knots (46+ mph; 74 km/h) with full load, 70+ knots maximum speed
Range : 200
miles at 40 kt (370 km at 75 km/h) with payload
300 miles
at 35 kt (550 km at 65 km/h) with payload
Crew : Five
Load : 60
tons/75 ton overload (54/68 metric tons)
Military
lift : 24 troops or 1 MBT
Armament :
two 12.7 mm machine guns. Gun mounts can support the M2HB .50 cal machine gun,
Mk 19 Mod 3 40 mm grenade launcher, or the M60 machine gun. Tests conducted with
GAU-13 30mm gatling gun.
Radar : Marconi LN-66; I-band
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar