Sabtu, 07 Juli 2012
Tank T-64
Tag
AGKATAN DARAT
T-64 adalah salah satu generasi tank tempur utama
yang didesain oleh Uni Soviet, pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun
1960an. Tank ini hanya digunakan oleh Angkatan Bersenjata Uni Soviet di divisi
garis depan dan tank ini lebih canggih dari T-72 yang lebih terkenal. Walaupun
T-72 dipakai lebih luas dan secara umum lebih dikembangkan, T-64 menjadi dasar
pengembangan dari tank tempur utama Soviet berikutnya, seperti T-80.
T-64 dibuat di Kharkov (Kharkiv, Ukraina) sebagai
generasi terbaru untuk tank tempur utama oleh Alexander A. Morozov, pencipta
T-54 (yang nantinya akan di naikkan kelasnya oleh Leonid N. Kartsev, lewat biro
Nizhny Tagil dalam model T-54A, T-54B, T-55, dan T-55A).
Fitur yang paling revolusioner yang dimasukkan dalam
T-64 ialah sistem pengisian otomatis meriam 125 mm yang menjadi senjata andalan
T-64, memungkinkan posisi kru pengisi amunisi untuk dihilangkan, dan membantu
mempertahankan ukuran tank tersebut tetap kecil. Para pasukan tank biasanya
bergurau kalau para designer tank telah menyamai himne tidak resmi mereka,
"Three Tankers" - lagu yang ditulis untuk menghargai para kru tank
yang berpartisipasi dalam Pertempuran Khalkhin Gol, di dalam tank kavaleri BT
yang berkapasitas 3 orang pada tahun 1939[2]
T-64 juga memelopori teknologi tank tempur utama
Soviet lainya: model T-64A tahun 1967 menggunakan meriam smoothbore kaliber 125
mm, dan T-64B tahun 1976 bisa menembakkan peluru kendali anti tank melalui
laras meriamnya.
Rancangan T-64 kemudian dikembangkan lebih jauh
sebagai tank tempur utama T-80 yang menggunakan mesin turbin gas. Kubah dari
T-64B nantinya akan digunakan oleh T-80U dan T-80UD (versi lanjut T-80), dan
versi mesin diselnya yang lebih maju akan digunakan sebagai penggerak T-80UD dan
T-84 yang dibuat oleh Ukraina.
T-64 hanya digunakan oleh pasukan Uni Soviet dan
tidak pernah diekspor, tidak seperti T-54/55. Lebih superior dari T-55 apabila
dibandingkan menggunakan sebagian besar indikator dan pengukur kualitatif,
sampai diperkenalkanya T-72B pada tahun 1985. Tank ini digunakan melengkapi
formasi elit dan reguler di Eropa Timur dan tempat lainya. T-64A model pertama
ditempatkan bersama grup pasukan Uni Soviet di Jerman Timur tahun 1976, dan
beberapa waktu kemudian di Hungaria. Meskipun dipercaya bahwa T-64 hanya
disimpan untuk satuan tank elit, namun T-64 juga dipakai oleh "formasi
nonaktif" yang jauh lebih rendah, contohnya di Pasukan Ke 14 Distrik
Militer Odessa
Dengan pecahnya Uni Soviet tahun 1991, tank-tank
T-64 tetap tersimpan sebagai arsenal republik konstituen dari tank tersebut.
Saat ini, hampir 2000 unit inventori T-64 digunakan oleh militer Ukraina, dan
sekitar 4000 buah tetap digunakan oleh Angkatan Darat Rusia.
Sejarah
Pengembangan
Klasifikasi
awal
Melihat bahwa T-55/T-62 sudah mencapai potensi
maksimumnya untuk peningkatan-peningkatan lebih lanjut, Soviet memulai proyek
pengembangan rancangan tank yang benar-benar baru yang bisa mengalahkan Tank
Inggris atau tank Barat lainya dan bisa bertahan menghadapi senjata anti-tank
Barat yang terbaru.
Penelitian untuk rancangan tank tempur baru dimulai
pada 1951. Tim KB-60M dibentuk di biro konstruksi Kharkov di Pabrik No.75 untuk
pembangunan mesin transportasi dinamai Malyshev (bahasa Rusia: конструкторское
бюро Харьковского завода транспортного машиностроения №75 им. Малышева) oleh
insinyur-insinyur yang kembali dari Nizhny Tagill, dengan A.A Morozov sebagai
pemimpinya. Proyek yang dinamai Obyekt 430 menghasilkan 3 purwarupa yang
diujicoba di Kubinka pada tahun 1958. [4]Kendaraan-kendaraan tersebut
menunjukan karakteristik yang akan mengubah rancangan tank tempur di sisi Tirai
Besi secara radikal. Untuk pertama kalinya, sebuah mesin piston oposan yang
sangat kompleks digunakan: 4TD, dirancang oleh tim desain mesin pabrik
tersebut. Sistem transimisinya merupakan dua gir lateral di tiap sisi mesin.
Dua inovasi tersebut menghasilkan sebuah kamar mesin yang sangat pendek dengan
pembukaan yang berlokasi dibawah turret. Volume kamar mesinnya sendiri nyaris
setengah dari T-54. Sistem pendinginnya diambil dan sebuah suspensi yang
berbobot ringan dipasang, menggunakan roda logam kosong dengan diameter kecil
dan rantai caterpillar dengan sendi-sendi karet.
Tank ini akan tetap menggunakan sebuah meriam D-10TS
100mm dan zirah pelindung depan setebal 120mm. Karena tidak memperlihatkan
superioritas yang nyata atas karakteristik tempur bila dibandingkan dengan T-55
yang telah memasuki masa bakti aktif, Morozov memutuskan bahwa produksi
belumlah siap dilakukan karena kemunduran proyeknya ini. Tetapi, penelitian
yang dilakukan pada obyekt 430U, menggunakan meriam 122mm dan zirah pelindung
160mm, memperlihatkan bahwa tank tersebut memiliki potensi untuk menyamai
dengan kemampuan tembak dan zirah pelindung sasis tank berat maupun sedang.
Proyek baru setelah itu pun dimulai, obyekt 432.
Proyek
432
Meriam yang dipasangkan di tank baru ini ialah
meriam 115mm D-68 yang mematikan (2A21). Ini adalah keputusan yang mempunyai
potensi beresiko untuk menggantikan pengisian amunisi oleh manusia dengan
sistem otomatis hidro-elektrik, tidak pernah digunakan oleh tank manapun
sebelumnya. Kru didalamnya dikurangi menjadi tiga, yang memungkinkan
pengurangan yang signifikan untuk volume internal, dan akibatnya untuk berat,
dari 36 ton (obyekt 430) ke 30.5 ton saja. Tingginya turun hingga 76mm.
Tetapi, dengan adanya meriam L7 105 mm milik Inggris
dan varian M-68 milik Amerika Serikat, dicangkokan ke Tank Centurion dan M60
Patton, memaksa tim pengembang untuk mengambil langkah berani selanjutnya,
dengan mengadopsi zirah komposit. Proses yang baru saja dibuat dijuluki "K
combination" oleh pasukan Barat: proteksi ini terdiri dari lapisan logam
almunium disisipkan di antara dua lapisan baja dengan kekerasan tinggi.
Akibatnya, berat dari purwarupa ini kembali naik lagi ke 34 ton. Tetapi karena
mesin ini sekarang ialah 5TDF (dirancang oleh elemen lokal) berkekuatan 700
tenaga kuda (515 kilowatt), kelincahanya tetap mengagumkan, amat jauh lebih
baik daripada T-62 yang sudah aktif terlebih dahulu. Obyekt 432 sudah siap pada
September 1962 dan produksinya dimulai Oktober1963 di pabrik Kharkov. Pada 30
Desember 1966, purwarupa ini memasuki masa bakti sebagai T-64.
T-64A
Bahkan setelah T-64 sudah memasuki jalur assembly,
tim perancang sudah bekerja untuk versi terbaru yang akan memungkinkan daya
tembak tank ini diatas rata-rata, dinamakan dengan obyekt 434. Meriam D-81T 125mm
yang baru dan mematikan, dari pabrik senjata Perm, dipasang di tank ini. Meriam
ini sebenarnya hanyalah versi lebih besar dari meriam smoothbore 115mm milik
T-62. Ukuran 125mm yang lebih besar berarti lebih sedikit yang bisa dibawa di
dalam T-64, dan dengan kru pengisi amunisi menghabiskan sisa ruangan juga, tank
ini hanya memiliki kapasitas 25 butir peluru saja. Ini terlalu rendah untuk
bisa diterima para perancang Soviet, tetapi parameter dimensi yang ketat
menghadang mereka untuk memperbesar ruang interior. Solusinya ialah dengan
mengganti pengisi amunisi manusia dengan pengisi mekanis, memotong kru menjadi
3 dan menandai penggunaan autoloader pertama di MBT Soviet.(Perrett 1987:42)
Autoloader 6ETs10 memiliki 28 butir peluru dan bisa menembakan 8 tembakan per
menit; penyeimbangnya, sebuah 2E23, dipasang ke penjejak baru TPD-2-1 (1G15-1).
Berkendara malam juga diadaptasikan dengan periskop baru TPN-1-43A yang akan
diuntungkan dari iluminasi proyektor L2G yang kuat, dipasang di sisi kiri
meriam. Pelindungnya ditingkatkan, dengan fiberglas menggantikan logam almunium
di zirah, dan pelat yang dilengkapi per dipasang di pelindung lumpur (dikenal
sebagai rok Gill), untuk melindungi suspensi atas dan samping. Tetapi rok
tersebut sangatlah ringkih dan sering dilepas. Ruang penyimpanan kecil dibuat
di dalam kubah meriam, dengan ruangan di kanan dan tiga kotak di kiri depan.
Snorkel dipasang di sisi belakang kubah meriam. sebuah sistem proteksi nubika
dipasang dan lubang palka diperlebar.
Puerwarupa di uji coba pada 1966 dan 1967 dan
setelah produksi dimulai setelah T-64 ke 600, tank ini memasuki masa pakai di
Angkatan Darat Soviet atas nama T-64A. Insinyur kepala Alexander Morozov di
hadiahi Lencana Lenin atas kesuksesan model ini.
Dirancang untuk pasukan elit, T-64A diperbaharui
dari waktu ke waktu karena perlengkapan yang ada meningkat kualitasnya. Setelah
hanya tiga tahun mengabdi, modernisasi pertama berlangsung, yaitu mengenai :
fire control, dengan mengganti penjejak TPD-2-49
dengan coincidence rangefinder optik dan penglihatan malam TPN-1-49-23, dan
penyeimbang dengan memasang sistem 2E26.
pengliatan malam TBN-4PA untuk pengemudi dan
TNP-165A untuk komandan tank. Pos tempur komandan sendiri diubah dengan
memasang sebuah kubah penyeimbang dengan senapan mesin anti-serangan udara NSVT
12.7x108 mm, dipandu secara elektrik melalui alat bantu penglihatan PZU-5, dan
diisi 300 butir amunisi. Bisa digunakan dari dalam tank sehingga komandan tank
bisa menghindari terekspos diluar tank (seperti tank-tank sebelumnya).
Kemungkinan memasang sistem anti ranjau KMT-6 juga dipasang.
Versi yang berkaitan muncul disaat yang sama,
dirancang untuk perwira komandan, dan dinamai T-64AK. Memiliki sebuah radio
R-130M dengan antena teleskopik sepanjang 10m yang bisa digunakan hanya pada
keadaan tank diam karena mensyaratkan kaki-kaki untuk dipasang, sebuah
lingkaran pengarah artileri PAB-2AM dan stasiun navigasi TNA-3, semua ini bisa
disuplai energinya oleh generator bensin pembantu.
Tahun 1976, sistem persenjataanya ditingkatkan
dengan memasang sebuah DT-81TM (2A46-1), distabilkan oleh sebuah 2E28M2, di
suplai oleh sebuah 6ETs10M otomatis. Penglihatan malam diganti dengan sebuah
TNPA-65 dan mesinya bisa menerima berbagai jenis bahan bakar, termasuk disel,
kerosin atau bensin. Produksinya, dipakai pertamakali oleh varian B, berhenti
pada tahun 1980.
Tetapi mayoritas T-64A masih dimodernisasi setelah
1981, dengan memasang sebuah pelontar granat asap berlaras enam dengan kaliber
81 mm 902A di kedua sisi meriam, dan dengan mengganti pelat gill dengan rok
karet untuk masa pakai lebih lama. Beberapa darinya terlihat dipasang setelah
1985 dengan balok reaktif (sebagai T-64BV), atau dengan telemeter laser TPD-K1
bukan dengan rangefinder optik TPD-2-49 (1981). Nyaris semua T-64 tersebut di
modernisasi menjadi T-64R, antara 1977 dan 1981, dengan mereorganisasi
penyimpanan dan snorkel eksternal, mirip seperti T-64A.
T-64B
Tim perancang telah melaksanakan pekerjaanya untuk
versi-versi terbaru. Masalah dengan setup mesin 5TDF terjadi karena kapasitas
produksi lokal terbukti kurang memadai dibandingkan dengan produksi yang dibuat
di tiga pabrik (Malyshev di Kharkov, Kirov di Leningrad dan Uralvagonzavod).
Dari tahun 1961, dan alternatif dari obyek 432 yang
telah dipelajari, dengan menggunakan 12 V-silinder mesin V-45 : obyek 436. Tiga
purwarupa di uji coba tahun 1966 di pabrik Chelyabinsk. Perintah untuk
mengembangkan model yang dibuat dari 434 dengan mesin yang sama menghasilkan
obyek 438, nantinya dinamai obyek 439. Empat tank tipe ini dibangun dan
diujicoba pada tahun 1969, yang menunjukkan kelincahan yang sama dengan versi
produksi, tetapi produksi masa belumlah dimulai. Purwarupa ini nantinya berguna
sebagai dasar rancangan kamar mesin T-72.
Di awal tahun 70-an, tim perancang berusaha
meningkatkan kemampuan tank ini lebih jauh lagi. Penelitian T-64A-2M pada tahun
1973, dengan mesinya yang lebih kuat dan kubah meriam nya yang di perkuat,
berguna sebagai dasar untuk dua proyek :
-
Obyekt 476 dengan mesin 6TD berkekuatan
1000hp (735Kw) yang nantinya menjadi ruangan tempur T-80
-
Obyekt 447 yang menggunakan pengontrol
tembakan baru dengan telemeter laser, dan bisa menembakan peluru kendali lewat
laras meriam.
Untuk yang terakhir disebut, perintah diturunkan
untuk memulai produksinya atas nama T-64B, juga sebuah versi turunan (yang
memiliki 95% komponen yang sama), obyekt 437, tanpa sistem pemandu rudal karena
alasan biaya. Tang terakhir disebut hampir dua kali lipat lebih banyak
diproduksi dengan designasi T064B1. Pada 3 September, 1976, T-64B dan T-64B1
dinyatakan lulus untuk digunakan, menggunakan meriam D-81T yang ditingkatkan
(2A46-2) dengan penyeimbang 2E26M, sebuah loader 6ETs40 dan sebuah pengontrol
tembakan 1A33, termasuk:
-
Sebuah kalkulator balistik 1V517
-
Sebuah peneropong telemeter laser 1G21
-
Sebuah sensor angin bersilang 1B11
kapasitas menyelamnya ialah 1.8 m tanpa perlengkapan
tambahan. T-64B memiliki kemampuan untuk menembakkan rudal berpemandu radio
9M112 "Kobra" (kode Nato "AT-8 Songster"). Kendaraan ini
membawa 8 rudal dan 28 peluru. Sistem pengendali misilnya di pasang di depan
kubah pengendali di depan komandan tank dan memiliki banyak perubahan. T-64B1
hanya membawa 37 peluru meriam dan memiliki 2000 butir peluru 7.62 mm, dan
1,250 untuk T-64B.
Tank-tank ini dimodernisasi tahun 1981 mengganti
meriam dengan sebuah 2A46M1, penyeimbangnya dengan 2E42, dan memasukan sebuah
pelontar granat asap 902A "Tucha-1" di dua grup berisi empat
pelontar, di kedua sisi meriam. Dua versi komandan dibuat, amat mirip dengan
T-64AK: T-64BK dan T-64B1K.
Keputusan di Oktober 1979, untuk memulai produksi
mesin 6TD, dan kesamaanya dengan 5TDF, memungkinkan untuk memasukanya ke versi
B dan B1 setelah beberapa penelitian dilakukan, tapi juga masuk ke versi A dan
AK, menghasilkan model T-64AM, T-64AKM, T-64BM dan T-64BAM, memasuki masa bakti
pada tahun 1983. Produksinya berakhir pada tahun 1987 untuk semua versi. Total
produksi sudah mencapai nyaris 13,000 unit.
Spesifikasi
:
Berat : 38 ton
Panjang :
9.225 m
Lebar : 3.415 m
Tinggi : 2.172 m
Awak : 3
Persenjataan
:
Senjata utama : D-81T smoothbore kaliber 125 mm
Senjata
pelengkap : Senapan mesin PKMT
kaliber 7.62 mm coaxial, senapan mesin berat NSV kaliber 12.7 mm
Jenis Mesin : 5DTF diesel 5 silinder 700 hp
Daya kuda/ton : 18.4 hp/ton
Suspensi : Torsion bar
Daya jelajah : 500 km, 700 km dengan tangki
eksternal
Kecepatan : 60.5 km/jam
Sumber : wikipedia.org
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar