Minggu, 01 Juli 2012
Rantis (Kendaraan Taktis) MAESA-PT44, Made in Indonesia
Tag
AGKATAN DARAT
Rantis (Kendaraan Taktis) MAESA PT44
asli buatan Indonesia .
Dirancang sebagai kendaraan angkut personel dan artileri carier yang mampu
bermanuver di segala medan .
Salah satu perancangnya, Mr. Sharsono, perancang ISS (Independent Suspension
System) dan rangka/ casis memberikan keterangan seputar rantis hasil
rancangannya.
Full Independent Suspension System
MAESA Series “O” adalah Truk Segala
Lapangan yang khusus di rancang dan dibuat untuk mengangkut barang dan pasukan.
Maesa memiliki daya angkut sebesar 4000 Kg. Sistem suspensi bebas yang dipasang
pada ke empat roda Maesa membuat kendaraan taktis ini dapat melaju 1.5 kali
lebih cepat dalam melintasi ladang dan jalanan rusak dibanding dengan kendaraan
yang serupa dalam bobot, tenaga dan besar ban yang sama namun menggunakan
sistim suspensi konvensional (Pegas daun dan Rigid Axel).
Rongga dibawah truk sangat luas dan
tinggi berkat penggunaan sistim suspensi bebas, berbeda dengan truk yang
menggunakan sistim suspensi konvensional dimana gandarnya menonjol keluar
dibawah kendaraan, mengurangi keleluasaan bergerak di luar jalan atau dijalan
yang rusak karena rawan terhadap benturan dengan batu-batu atau benda-benda
besar yang merintangi jalan.
Bak pengangkut barang dilengkapi
dengan bangku duduk yang terbuat dari pilihan besi atau kayu keras sebagai
tempat duduk pasukan beserta perlengkapannya. Bagian atas bak barang dilengkapi
dengan kerangka besi kokoh dan tertutup terpal untuk melindungi penumpang dari
hujan dan teriik matahari.
Sistim Suspensi Bebas buatan Pacific Technology IAD.
Sistim suspensi bebas buatan Pacific
Technology IAD ini sudah lama dikenal di dunia dan dianggap unggul. Konfigurasi
yang terencana dan sangat maju telah banyak meredam getaran dan goncangan yang
ditimbulkan oleh jalanan, menciptakan tidak hanya stabilitas kendaraan, tetapi
juga kenyamanan pengendaranya.
Sasis sengaja dibuat sekaku mungkin
untuk menghilangkan puntiran pada sasis, dan dikombinasikan dengan tingginya
kelenturan suspensi yang bergerak masing-masing secara terpisah maka Maesa
berhasil menciptakan performa kendaraan yang sangat baik dalam menjelajahi medan jalan yang sangat
buruk.
Standard kelenturan suspensi, adalah
kemampuan suspensi untuk bergerak keatas dan kebawah. Sistim suspensi bebas
buatan Pacific Technology memiliki standard kelenturan sebesar 250mm.
Namun Maesa telah dilengkapi dengan
sistim suspensi berstandard 300mm, dan sebagai akibatnya, kendaraan jadi lebih
mampu meredam semua kejutan-kejutan yang dilemparkan jalanan sambil kendaraan
tetap dapat mempertahankan kontak dengan jalanan secara optimal dan tetap
stabil, walaupun disaat kendaraan harus melakukan manuver yang berat.
Kendaraan bersuspensi bebas ini
memiliki keunggulan dalam traksi dan kecepatan dibanding dengan kendaraan
bersuspensi konvensional.
Kesimpulannya sistim suspensi bebas
pada Maesa 4X4 membuat penapakan roda kejalan menjadi lebih rekat, meningkatkan
traksi terutama disaat-saat kondisi rawan dan licin. Stabilitas kendaraan
sangat baik dan pengemudi dapat dengan mudah membaca situasi jalanan karena
sifat kendaraan yang mudah diprediksi.
Banyak kecelakaan terjadi dengan
truk yang menggunakan sistim suspensi konvensional, karena plintiran sasis
membuat pengemudi kurang cepat menyadari bahwa bagian belakang truk berada pada
posisi kritikal, dan telat melakukan tindakan koreksi ketika menyadarinya.
Dengan sistim suspensi bebas dan chassis kaku, plintiran sasis yang berbahaya bagi keamanan kendaraan berhasil
dihilangkan.
Stabilitas Maesa sangat tinggi dalam
kelasnya karena pusat gravitasi yang rendah dan jarak kaki yang cukup lebar.
Penggunaan Independent suspension axel membuat rongga bawah kendaraan menjadi
lebih datar, mengurangi coefficient drag sebesar 10% dibanding truk dengan
suspensi dan axel konvensional. Datarnya dasar kendaraan juga membantu
mengurangi turbulent angin yang dapat mengganggu stabilitas kendaraan pada
kecepatan tinggi.
Kekakuan sasis dan body yang sangat
tinggi telah pula membantu mengurangi getaran mesin di dalam kabin. Tingkat
kekakuan sasis yang terbuat dari bahan baja berdaya tahan tinggi - dipadu
desain dari frame yang kokoh pada suspensi dan axel, memberikan kekuatan
sekaligus performa lincah.
Stabil, responsif dan ringkas adalah tujuan arsitektur
suspensi Maesa PT44.
Suspensi depan Double wishbone
double coil over shock di andalkan karena responsif, stabil dan terbukti
berhasil mengurangi getaran mesin serta jalanan secara efektif. Suspensi
belakang terbuat dari bahan dan sistim yang sama, memungkinkan terciptanya
ruang kargo belakang dengan lantai yang rata dan lapang serta tumpakan yang nyaman,
sangat ideal untuk mengangkut pasukan, dan barang-barang yang tidak tahan
banting, seperti mesiu, peralatan laboratorium dan electronics.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar