Avro lancaster adalah pesawat pembom berat bermesin
empat yang dirancang dan dibangun oleh Avro selama Perang Dunia Kedua untuk
Royal Air Force (RAF). Mengikuti misi perdana dengan Komando Bomber RAF
tahun 1942 dan, menjadi pembom berat utama yang digunakan oleh RAF, RCAF , dan
skuadron udara lainnya dari Negara persemakmuran Inggris dan Negara Eropa
lainnya. Lancaster menjadi pesawat paling terkenal dan paling sukses dari pesawat
pembom malam Perang Dunia Kedua, karena telah menjatuhkan 608.612 ton bom.
|
Avro Lancaster |
Lancaster, merupakan evolusi dari Manchester Avro ,
dirancang oleh Roy Chadwick dan ditenagai oleh empat mesin Rolls-Royce Merlins, atau dalam satu versi menngunakan mesin Bristol Hercules.
Lancaster memiliki bom bay yang panjang berarti Lancaster
mampu membawa bom, bahkan bom terbesar yang digunakan oleh RAF, termasuk, lb
4.000 (1.812 kg), 8.000 lb (3.629 kg), atau 12.000 lb (5.443 kg) Blockbuster
bombs, dan sering dilengkapi dengan bom yang lebih kecil atau incendiaries. Lancaster
memiliki fleksibilitas yang sedemikian rupa sehingga dipilih untuk melengkapi
Skuadron 617, dan telah dimodifikasi oleh Wallis Barnes agar mampu membawa "bom
Bouncing" untuk melaksanakan Operasi, serangan terhadap bendungan Ruhr valley,
Jerman. Meskipun Lancaster mempunyai keunggulan menjadi pembom malam hari, tetapi
juga unggul dalam peran lainnya, termasuk pemboman siang hari presisi: dalam
peran kemudian, sebuah Lancaster dimodifikasi untuk membawa 12.000 lb (5.443
kg) Tallboy dan akhirnya 22.000 lb (9979 kg) Grand Slam "earthquake"
bom (juga dirancang oleh Wallis).
|
Avro Manchester |
Pada awal tahun 1943, sebuah Lancaster diubah untuk
menguji mesin Metropolitan-Vickers F.2 turbojet. Lancaster kemudian digunakan
untuk menguji mesin yang berbeda, termasuk Armstrong Siddeley Mamba dan
Rolls-Royce Dart turboprop , dan Avro Canada Orenda dan Dovern Stal turbojet.
Pascaperang, Lancaster yang sebagai bomber utama strategis RAF digantikan oleh
Lincoln Avro. kemudian Lancaster mengambil peran sebagai pesawat anti-kapal
selam, pesawat patroli (kemudian digantikan oleh Shackleton Avro ) dan pesawat penyelamatan
udara-laut. Lancaster juga digunakan dalam berbagai peran yang beragam seperti sebagai
pesawat foto-pengintai dan pemetaan udara, sebagai tanker terbang untuk
pengisian bahan bakar udara , dan sebagai Avro Lancaster, untuk menempuh jarak
jauh dengan kecepatan tinggi untuk mengantarkan penumpang transatlantik dan
pengiriman pos pesawat.
Desain
dan pengembangan
Desain Lancaster berasal dari desain pembom bermesin
ganda yang diajukan untuk memenuhi Spesifikasi P.13/36, untuk generasi baru pesawat
pembom menengah bermesin ganda untuk "digunakan di seluruh dunia", menggunakan
Vulture Rolls-Royce . Pesawat yang dihasilkan adalah Manchester , yang meskipun
pesawat mampu, tetapi memiliki kurang bertenaga karena memiliki masalah dengan ketidak
andalan mesin Vulture. Hanya 200 Manchesters yang dibangun, dan ditarik
peredarannya pada tahun 1942.
Avro 's chief designer, Roy Chadwick, sudah bekerja
pada sebuah desain Manchester perbaikan yang menggunakan empat dari lebih dapat
diandalkan, tapi kurang kuat Rolls-Royce Merlin mesin pada sayap yang lebih
besar. Pesawat ini awalnya ditunjuk Avro 683 Jenis Manchester III, dan kemudian
berganti nama menjadi "Lancaster" . Prototipe pesawat BT308 dirancang
oleh departemen penerbangan eksperimental Avro di Bandara Manchester 's Ringway.
Uji coba HA "Bill" Thorn mengambil kontrol untuk penerbangan pertama
di Ringway, pada Kamis, 9 Januari 1941. Pesawat ini terbukti mengalami
peningkatan besar dari pendahulunya.
Beberapa perintah untuk mengubah Manchesters menjadi
Lancaster; desain yang sangat mirip dan keduanya mempunyai kokpit kaca yang
sama serta, hidung, menara, dan ekor kembar . Lancaster membuang sirip ekor
gemuk ketiga dari Manchesters awal dan menggunakan rentang yang lebih luas dan
lebih besar sirip kembar elips dari IA Manchester.
Kebanyakan Lancaster dibangun selama perang berlangsung
yang diproduksi oleh Avro di Chadderton dekat Oldham , Lancashire dan uji
terbang di Woodford Aerodrome, Cheshire . Lancaster lain dibangun oleh
Metropolitan-Vickers (1.080, diuji di Woodford), dan Armstrong Whitworth .
Pesawat ini juga diproduksi di Austin Motor Company bekerja di Longbridge ,
Birmingham, kemudian dalam Perang Dunia II dan pasca perang oleh
Vickers-Armstrong di Chester serta di pabrik Vickers Armstrong, Castle
Bromwich, Birmingham. Hanya 300 Lancaster B II yang dilengkapi dengan mesin Bristol
Hercules, ini adalah modifikasi sementara yang disebabkan oleh kurangnya produksi
mesin Merlin, sebagai fighter adalah prioritas yang lebih tinggi. Lancaster BII
Banyak yang hilang setelah kehabisan bahan bakar. Lancaster B III memberikan
Packard Merlin mesin tapi dinyatakan identik ke B kontemporer Apakah, dengan
3.030 B IIIs dibangun, hampir semua pada Avro s Heath Newton pabrik. BI dan B
III dibangun secara bersamaan, dan modifikasi kecil telah dilakukan untuk kedua
tanda sebagai batch baru diperintahkan. Contoh dari modifikasi adalah relokasi
kepala pitot dari hidung ke sisi kokpit, dan perubahan dari de Havilland
"jarum pisau" baling-baling untuk Hamilton Standard atau Nash
Kelvinator dibuat "dayung pisau" baling-baling.
Hanya Kanada yang membangun Lancaster BX, diproduksi
oleh Victory aircraft di Malton, Ontario , diproduksi dalam jumlah yang
signifikan yaitu Sebanyak 430 jenis. Sebanyak 7.377 Lancaster dari semua Varian
yang dibangun sepanjang perang dunia kedua, masing-masing dengan biaya 1943
dari £ 45-50,000 (sekitar £ 1,5 juta-£ 1.670.000 hari ini).
Karakteristik umum
Kru : 7:
pilot, insinyur penerbangan, navigator, bom aimer / hidung penembak, operator
nirkabel, pertengahan atas dan penembak belakang
Panjang :
69 ft 4 in (21,11 m)
Lebar : 102 ft 0 in (31.09 m)
Tinggi : 20 ft 6 in (6.25 m)
Area sayap : 1.297 kaki persegi (120,5 m²)
Berat Kosong : 36,457 lb (16,571 kg)
Berat maksimum : £ 68.000 (30.909 kg) [40]
Max.
takeoff weight : 72,000 lb (32,727 kg) with 22,000 (10,000 kg) bomb
Mesin
: 4 × Rolls-Royce Merlin XX liquid-cooled V12 engines , 1,280 hp (954 kW) each
Kecepatan max : 282 mph at 63,000 lb (28,576 kg) and
13,000 ft ( 3,962 m) altitude [ 35 ] (246 knots, 455.6 km/h)
Persenjataan
Guns: 8×
0.303 in (7.7 mm) Browning machine guns in nose, dorsal and tail turrets, with
variations
Bom: bom
Maksimum beban normal dari 14.000 lb (6.300 kg) atau £ 22.000 (10.000 kg) Grand
Slam dengan modifikasi untuk membom teluk.
3 komentar:
pesawat avro lancaster legendaris
pesawat avro lancaster hebat, komentar balik ya ke blog saya www.goocap.com
bahasan menarik
Posting Komentar